Jumat, 15 April 2011

Jenis Sablon

Jenis Sablon

Ada dua jenis sablon yang biasa digunakan untuk menyablon kaos yaitu sablon digital dan sablon screen (screen printing). yang terakhir adalah teknik sablon konvensional yang kini banyak dipakai untuk menyablon "kaos distro" yang membedakan keduanya adalah teknik pengerjaan dan kualitas hasilnya. Sablon digital cenderung lebih cepat dikerjakan namun kualitas dan variasi sablon lebih banyak kalo kita menggunakan sablon screen.

Sablon digital

Sablon digital adalah teknik menyablon dengan menggunakan transfer paper dan mesin heat press. Peralatan yang diperlukan adalah komputer untuk mendisain, printer sebagai alat pencetak, transfer paper sebagai media cetak desain, mesin heat press sebagai alat untuk memindahkan desain ke kain. Proses sablon digital singkat, diawali dengan mencetak desain diatas trasfer paper menggunakan printer. Kemudian, kertas transfer tersebut di hotpress diatas kain dengan tekanan dan panas tertentu

Sablon Screen

Tenik ini seperti mencetak lapisan-lapisan warna diatas kain. Tekniknya sendiri berupa proses pelapisan cat ke kain melalui pencetak (yang disebut screen berupa penyaring berpori-pori), yang terdiri dari tiga tahapan: Persiapan desain, pengafdrukan, dan penyablonan. Desain gambar yang sudah jadi, dipisahkan menurut warnanya masing-masing, kemudian masing-masing dicetak per bagian warna secara bertahap sehingga membentuk gambar desain semula. Sablon screen ini pun terdapat jenis yang beraneka ragam, dan akan dibahas di postingan selanjutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar