Jumat, 15 April 2011

About Sablon Screen

Dalam Sablon screen terdapat beraneka jenis sablon. Biasanya dikenali atas cat yang digunakan dan teknik pengerjaan yang dilakukan. Sebut saja sablon rubber, pingment, plastisol, glow in the dark, flock, foam dan sebagainya. Cat sablon secara luas dibagi atas dua jenis, yaitu cat berbahan dasar air (water based) seperti rubber, pigment dan cat berbahan dasar minyak (oil bassed) seperti plastisol. Penerapan dalam proses penyablonan juga berbeda.

Merancang dan Membayangkan

Saat men-design gambar kaos, ada baiknya kita juga membayangkan jenis sablon yang akan digunakan karena visual desain nanti juga tergantung dari jenis sablon yang dipakai. Untuk itulah kita juga harus memahami setiap kriteria jenis sablon tersebut. Pemahaman jenis sablon akan memudahkan kita untuk menerapkan design grafic yang diinginkan.

Setelah memahami jenis sablon, sebaiknya kita juga memahami teknik sablon. Dengan pemahaman teknik sablon, kita dapat memilah design mana saja yang mudah diterapkan untuk proses penyablonan. Selain itu kita juga dapat berkreasi lebih bebas dan tak khawatir design yang dirancang tak dapat disablon karena rumit atau kendala lainnya. Inilah beberapa jenis sablon yang kerap digunakan “kaos Distro”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar